Minggu, 15 April 2012

Ciri Khusus Hewan

Macam - macam bentuk adaptasi :
1.   Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi morfologi dapat dilihat dengan jelas. Contohnya, kaki berselaput pada bebek dan antena pada semut.
2.   Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Salah satunya berupa enzim yang dihasilkan oleh suatu organisme. Contohnya, bunga rafesia mengeluarkan enzim untuk menarik serangga. Sementara itu, kantong semar mengeluarkan enzim untuk membunuh serangga.
3.   Adaptasi tingkah laku merupakan penyesuaian berupa perubahan tingkah laku. Contohnya, cecak memutuskan ekornya saat ditangkap musuh. Contoh lain, putri malu mengatupkan daunnya bila disentuh. 

Ciri Khusus pada Hewan

 Unta
1.    Mempunyai punuk tempat menyimpan lemak sebagai cadangan makanan, sehingga unta dapat hidup tanpa makan dalam waktu lama.
2.    Mempunyai kantung air di dalam perutnya yang dapat menampung sejumlah besar air (57 liter), sehingga unta dapat menempuh perjalanan jauh dipadang pasir tanpa minum.
3.    Kakinya mempunyai bantalan yang tebal untuk menahan panas dan agar tidak terbenam di pasir saat berjalan.
4.    Memiliki dua baris bulu mata yang panjang, untuk melindungi mata dari pasir dan panas matahari.
5.    Mempunyai lubang hidung yang dapat ditutup rapat, sehingga pasir tidak masuk ke lubang hidung

Burung Hantu
1.    Burung hantu termasuk binatang nokturnal, yaitu binatang yang beraktivitas di malam hari.
2.    Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam dan peka untuk menemukan mangsanya di malam hari.
3.    Memiliki bulu yang halus dan lembut sehingga tidak terdengar saat terbang, dengan demikian ia dapat menyambar mangsanya secara diam-diam.
4.    Mempunyai leher yang lentur yang dapat berputar 180 derajat, sehingga dapat melihat mangsanya yang ada di belakang.

Kelelawar
1.    Merupakan binatang nocturnal yaitu binatang yang mencari makan atau beraktivitas pada waktu malam, sedangkan pada siang hari untuk tidur.
2.    Mempunyai kulit tipis(yang menyerupai sayap) yang bisa digunakan untuk terbang, sehingga kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang
3.    Mempunyai kemampuan ekolokasi yaitu kemampuan menentukan jarak mangsa ataupun rintangan berdasarkan pantulan bunyi ultrasonic yang dikeluarkan melalui mulutnya.

Ikan Pemanah/Ikan Sumpit
1. Ikan pemanah atau ikan sumpit, hidup di air tawar
2. Untuk mendapatkan makanan ia menyemprotkan air pada hewan-hewan kecil, seperti laba-laba, capung, dan lalat yang bergantung pada ranting atau daun yang ada di atas permukaan air


Trenggiling
1. Memiliki cakar yang kuat untuk menarik rayap/semut dari sarangnya
2. Tidak memiliki gigi, tetapi memiliki lidah yang panjang dan lengket yang dapat dijulurkan untuk memperdaya mangsanya
3. 
Memiliki sisik yang tebal dan keras, dan dapat menggulung tubuhnya seperti bola untuk melindungi diri.
1.     
Cicak
Cicak memiliki perekat pada setiap ujung jari kakinya. Cicak mempunyai kemampuan autotomi. Cicak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba. Cicak melakukan autotomi saat ditangkap mangsa. Cicak juga memiliki lidah panjang dan berperekat untuk menangkap mangsanya. Ciri khusus cecak juga dimiliki oleh tokek kecuali autotomi.

Bebek
Pada kaki bebek, setiap jarinya dihubungkan dengan selaput. Dengan kaki berselaput, bebek dapat berenang. Selain bebek, kaki berselaput juga dimiliki angsa. Selain itu bebek juga memiliki lapisan lemak pada bulunya sehingga walaupun berda di air tubuh bebek tidak basah kuyup.

Semut
Semut memiliki dua antena di kepalanya yang digunakan untuk menyentuh, membau, dan merasakan getaran bunyi. Semut menggunakan mulutnya untuk mengecap. Semut mengeluarkan bau khusus sebagai tanda bahaya.

Kucing
Kucing memiliki pendengaran dan penglihatan yang sangat tjam. Kucing dapat  membuat gerakan berputar di udara saat jatuh sehingga dapat mendarat dengan keempat kakinya. Perilaku ini didukung oleh alat keseimbangan yang ada di bagian dalam telinganya. Kaki kucing memiliki lapisan empuk dan tebal yang berguna untuk menyembunyikan kukunya. Pada saat berjalan kukunya ditarik masuk sehingga tidak bersuara, sehingga musuh tidak mendengar ketika didekatinya.

Landak
Landak memiliki duri-duri yang tajam untuk melindungi diri, apabila tidak sempat melarikan diri landak akan menggulung tubuhnya sehingga tubuhnya dipenuhi duri tajam.

Cumi-cumi
Cumi-cumi dapat bergerak dengan cepat saat dikejar pemangsa, dan cumi-cumi dapat mengeluarkan cairan tinta pekat yang membuat pemangsanya terkejut. Cumi-cumi juga dapat memancarkan cahaya dari tubuhnya untuk menarik perhatian mangsanya.

Bunglon
Bunglon mempunyai kemampuan untuk mengubah warna kulit sesuai dengan tempat yang disinggahinya. Ketika bunglon berada di tanah, kulitnya berwarna coklat menyerupai tanah. Ketika berada di atas pohon, kulit bunglon berubah menjadi hijau menyerupai daun. Kemampuan bunglon mengubah warna kulit sesuai dengan tempatnya berada disebut mimikri.

Ular
Susunan rahang memungkinkan ular menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya sendiri. Selain itu ular juga, selain itu ular juga memiliki cairan penghancur makanan di dalam tubuhnya

Katak
Bagi katak, melakukan kamuflase (penyamaran)agar seolah tubuhnya beracun adalah trik untuk menghindar dari predator atau pemangsa.Katak pun memiliki persamaan dengan cicak, yaitu lidahnya yang panjang dan lengket, sehingga serangga yang mendekat dapat dengan cepat disambar dan tidak dapat berkutik lagi.


27 komentar:

  1. bagus bikin yg lebih lengkap

    BalasHapus
  2. sangat bagus tapi kurang ada nomor ciri cirinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sebaiknya diberi nomor biar jelas


      Hapus
  3. sangat bagus bikin q tambah mengerti

    BalasHapus
  4. kok ngada buaya ya?
    tambahin dong ok

    BalasHapus
  5. kurang nya satu gk ad gambar nya mulai cecak sampe katak tapi ok sich...

    BalasHapus
  6. mkasih buat ilmunya..semoga bermanfaat<>

    BalasHapus
  7. Gak ada belut ya????

    BalasHapus
  8. intan pratiwi21 Juli 2013 19.20

    Thanks bwt Info"a

    BalasHapus
  9. Fahza Putri Arifin♥22 Juli 2013 19.15

    Tambah ulat donk:D

    BalasHapus
  10. kok gak ada tikus tambahin ya

    BalasHapus
  11. syapa ajh boleh .20 Agustus 2013 16.57

    Keren... tpi kurang lengkap ...

    BalasHapus
  12. elek
    kyo
    yo teelek
    asu

    BalasHapus
    Balasan
    1. seng elek kyo telek asu kui opo

      Hapus
  13. Lumayan. But Thanks yaaa...

    BalasHapus
  14. Bagus, tapi masih bisa utk di lengkapi lagi..

    BalasHapus
  15. kalo ikan lelenya mana

    BalasHapus
  16. kalo landak semut mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy tuh landak semutnya kemana

      Hapus
  17. klo landak semut mna

    BalasHapus
  18. mutiara adinda putri guru pandai bnget jadi orang terima kasih guru tercinta kuh

    BalasHapus